“BUDIKDAMBER” Strategi Ketahanan Pangan Menghadapi Pandemi COVID-19

 

Budikdamber yakni Budidaya yang berlangsung dalam suatu wadah ember dan secara bersamaan juga membudidayakan jenis sayuran seperti, Kangkung, bayam, sawi dan sebagainya. Jadi pembudidaya yang melakukan budidamber mendapat dua keuntungan sekaligus, nantinya mareka akan memanen dua keuntungan sekaligus yaitu ikan dan sayuran.
Adapun peralatan yang dibutuhkan tidaklah ribet seperti, ember, ikan, anakan sayuran yang masih segar, pot dan tanah ataupun arang (sebagai media tumbuh sayuran).

Adapun cara kerjanya yaitu

Diisikan air dengan takaran tidak penuh, agar nantinya diketika diletakkan botol tidak terendam penuh oleh air. Kami diamkan airnya selama 2 hari.
Dimasukkan arang beserta tumbuhan kangkung kedalam botol plastik yang sudah dibolongkan bagian atasnya dan siap dipasangkan kawat. Sebelum itu, arangnya sudah dibentuk menjadi bagian bagian kecil, setelah itu dikaitkanlah kawatnya ke ember
Dilepaskan ikan lelenya secara perlahan dan jangan lupa di berikan pakan setiap harinya serta sesekali dilakukan penyifonan agar kualitas airnya terus terjaga.

Terdapat banyak kelebihan dari budikdamber yaitu:
1. Murah
Hal pertama yang diperhatikan seseorang yang ingin menjalakan suatu usaha pastinya modal.Budikdamber membutuhkan modal tidak mahal. Seluruh peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan budikdamber adalah murah alias dapat dijangaku. Jadi semua orang bisa melakukannya asalkan ada niat dan tekat.

2. Tempat yang minimalis
Seorang pembudidaya pasti menginginkan tempat budidayanya yang mudah dijangkau karena mempermudah dalam hal pengontrolan. Kegiatan budikdamber dapat dilaksanakan di perkarangan rumah sehingga mempermudah dalam hal pengontrolan.

3. Budidaya 2 komoditas sekaligus
Salah satu Kelebihan dari budikdamber adalah dapat membudidayakan dua komoditas sekaligus yaitu ikan dan sayuran. Sehingga dapat memanen dua komoditas secara bersamaan atau bergantian.
Seperti halnya sayuran kangkung dan tanaman yg proses pemanenannya berkelanjutan
4. Pengontrolan yang mudah
Pengontrolan yang dimaksud adalah hal hal seperti pemberian pakan, penyifonan, pencegahan terhadap hama dan penyakit dan sebagainya. Jadi semua jenis pengontrolan terhadap budikdamber sangatlah mudah dijangkau karena kegiatan budikdamber sendiri bisa dilaksanakan di perkarang rumah.

5. Pemanenan sayuran yang berkelanjutan
Seperti halnya kangkung, apabila kangkung sudah waktunya untuk dipanen, maka proses pemanenanya dapat dilakukan dengan cara memotong bagian bagian yang diperlukan saja untuk dikosumsi, sehingga masih menyisakan batang yang nantinya akan tumbuh batang batang yang muda, dengan demikian proses pemanenan sayuran pada budikdamber khususnya kangkung dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *